Perubahan Pasar

Masih ingat di kepala bahwa periode 2013-2019 menjamur berdagang melalui sosial media (Instagram, Facebook, dan WhatsApp). Maka akupun mengikuti kawanku untuk berjualan buku kesehatan dengan sistem kerjasama dengan lapak buku. Kami iklankan dagangan kami dengan hashtag khusus setiap hari. Dengan hasil tak disangka-sangka pelanggan kami berbanjiran dari Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Namun kelemahan kami tidak konsisten dalam menanggapi pelanggan. Jika kesibukan di kampus maka saya libur menerima pesanan.

Pasar Cikembar, Kabupaten Sukabumi

Meliburkan penjualan merupakan perkara yang salah baik pandangan saat ini maupun masa yang lalu. Jika Meliburkan penjualan dan ketika akan memulai lagi serasa memulai usaha dari nol kembali. Alasannya karena harus mencari pasar kembali. Sungguh itu berat dan harus penuh perjuangan. Trading atau Jualan barang juga membutuhkan daya juang tinggi. Perjuangan untuk apa? Perjuangan untuk menarik konsumen adalah seni yang tinggi. Dengan konsumen yang tetap dan banyak tentu dapat meningkatkan laba.

Lagi-lagi pada tulisan ini saya tidak membagikan teknik marketing ataupun bisnis. Selebihnya pada tulisan ini, saya menekankan jika memang usaha sudah mendapatkan pasar maka berupaya untuk berjualan. Jika memang demand sudah overload atau income sudah melebihi hasil pekerjaan tetap secara hitungan matematis dan hitungan ekonomi, keputusan untuk berpaling ke dunia baru ada ditangan anda. Atau mungkin usaha anda akan menjadi usaha sampingan anda. Btw, satu kalimat lagi. Pendapat saya pribadi, Hindari trader (istilah yang sering digunakan sebagai orang berinvestasi) sebagai sebuah pekerjaan tetap, jadikan itu passive income. Simak pasar dengan baik dan teruslah berjuang. Menarik kesimpulan bahwa pasar itu berubah pesat. You know digital market seperti NFT, Belanja online, Liburan online, dllnya. Berubah atau Pupus. Kamu yang menentukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: