Memori Retail #1

Retail atau pasar modern memang menjamur pada akhir-akhir ini. Setiap kali disudut kecamatan kita temui indomaret atau alfamart. Retail ini menjual berbagai macam kebutuhan manusia, sabun cuci, sabun mandi, dllnya. Tak ayal sekarang indomaret menjadi sebuah pilihan untuk jajan atau belanja yang cepat dan instan. Hampir semua kebutuhan dapat kita beli di toko ini.

Terkadang ketika aku berhenti di indomaret membeli kopi dan duduk sejenak sambil merenung tentang langkah kehidupan yang akan datang. Duduk menatap awan berlatar langit biru. Berharap langkah kaki tidak mudah terhenti oleh badai dan aral melintang. Duduk sambil bergumam “Hari-hari kemarin telah berlalu, 8 jam x 5 hari, 5 hari x 4 minggu aku lalui dengan meramu dan meracik obat untuk manusia”. Manusia yang penuh dengan ragam karakter, DNA, dan ganglions. Ganglions yang memikirkan sebuah senyawa kimia. Senyawa kimia terdiri rantai karbon dan gugus OH ataupun N. Senyawa kimia saja sudah saling terikat, kapan kamu terikat dengan cincin berbentuk benzena. Suara rauman kendaraan motor membangkitkan renunganmu, seketika badan berdiri dan tangan membuang botol kopi ke tong sampah. Klontang Klontang Klontang !

Berhenti berkhayal sudah,
seseorang berbisik!
Lihatlah
orang berlari mengejar angan dan harapan, orang bekerja keras untuk makan,
orang bangkit dari sakit,
Dan silih berganti orang mendahuluimu tanpa pamit,
Telinga mendengar ucapan terakhir itu tanpa pamit, deras air mata mengucur dari wajah nan merah. Tangan mengusap air mata sambil berjalan meninggalkan indomaret tertunduk lesu, kemana aku harus mencari sosok dibalik kacamata itu.

Bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: