Titik Koma

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia. Manusia tidak akan menikmati gizi tinggi dari kualitas pangan tidak bermutu. Kualitas pangan bermutu dapat dihasilkan oleh para petani. Mayoritas kampung saya termasuk ibu saya adalah petani. Petani terdiri dari 2 (petani pemilik lahan dan petani tidak memiliki lahan). Mayoritas petani di tempat saya tidak memiliki sawah, tetapi menggunakan jasanya untuk menanam padi dan memanen padi. Upah yang didapatkan dengan jam kerja 5.00 hingga 17.00 terdiri dari uang, gabah, dan pohon padi. Tentu itu bisa kami kerjakan setiap kali panen. Sehingga itu merubah mindset kami bahwa pendidikan untuk merubah yang tadi awalnya bekerja di ladang pindah bekerja di kantor. Tapi narasi tersebut ada benarnya juga, siapa yang tidak mau bekerja duduk manis di meja, kursi, dengan laptop atau komputer. Tidak bisa disalahkan dan tidak bisa dibenarkan yang dapat dilakukan adalah menyeimbangkan narasi tujuan pendidikan.

Bagaimana memberikan narasi pendidikan itu untuk menciptakan generasi Petani, Peternak, Nelayan, Dokter, Pilot, Advokat, Apoteker, Atlet, Entrepreneur, Programmer, dan Engineer. Karena apa? Karena semua pekerjaan membutuhkan kerja keras, tenaga, serta pemikiran. Penglihatan itu indah untuk memandang di depan, namun susah sekali melihat di belakang.

Tulisan titik koma bertujuan menyadarkan tentang narasi menitikberatkan salah satu pekerjaan itu menimbulkan dampak sosial. Dampak narasi tersebut dapat membangun bahwa pekerjaan yang menggunakan tenaga adalah rekoso (tidak enak dan berada dilingkungan tidak bersih) padahal semua pekerjaan itu rekoso. Contoh kejadian sosial di masyarakat adalah kekurangan petani. Petani menanam padi untuk konsumsi pribadi dan orang lain. Jika hampir semua sawah oleh berbagai macam lapisan masyarakat dibangun gedung-gedung, Apakah kebutuhan makan masyarakat dapat terpenuhi ? Fenomena itu berlaku kebalikan untuk setiap pekerjaan. Titik koma, titik koma, dan titik koma perlu diakhiri dengan penjelasan satu makna yaitu proporsional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: